-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

RHS Berangkatkan Hasusuran Harajaon Simalungun dan Sangar Sihoda ikuti Festival Adat dan Budaya Nusantara di Padang

Redaksi
Selasa, 03 September 2024, September 03, 2024 WIB Last Updated 2024-09-03T14:57:19Z


SIMALUNGUN, SELEKTIFNEWS.COM - Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, secara resmi melepas keberangkatan Hasururan Harajaon Simalungun dan Sanggar Seni Sihoda untuk mengikuti festival adat dan budaya Nusantara yang akan diselenggarakan di Kota Padang, Sumatera Barat pada 4-7 September 2024 mendatang.


Acara pelepasan berlangsung di Sanggar Seni Sihoda, Batu Dua Puluh, Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun.



Dalam sambutannya, Bupati Radiapoh menegaskan pentingnya menjaga dan mengembangkan budaya Simalungun sebagai bagian dari upaya membangun daerah.


"Membangun Simalungun harus dilakukan dari segala aspek, termasuk adat dan budaya. Dengan keikutsertaan Ahli Waris atau Hasururan Kerajaan Simalungun dalam festival Nusantara, kita berharap budaya Simalungun dapat lebih dikenal di kancah nasional," ujarnya.



Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para ahli waris yang terus berkomitmen melestarikan adat dan budaya Simalungun.


"Kami, Pemerintah Kabupaten Simalungun, sangat berterima kasih dan mengapresiasi dedikasi para ahli waris yang tak kenal lelah melestarikan warisan leluhur kita. Kami juga akan terus mendukung dan mengakomodir pemberangkatan peserta melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun," tambahnya.



Radiapoh berharap, para peserta festival dapat memberikan yang terbaik dan membawa nama harum Kabupaten Simalungun.


"Harapan kami, semua bisa memberikan yang terbaik di sana dan membawa harum nama Kabupaten Simalungun. Teruslah berkarya untuk Simalungun tercinta ini, khususnya anak-anak penari Sanggar Sihoda yang telah mengukir banyak prestasi," katanya.



Laura Tyas Sinaga, perwakilan dari Sanggar Sihoda, menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian Bupati Radiapoh yang sejak tahun 2022 terus mendukung upaya pelestarian budaya Simalungun.


"Kami sangat berterima kasih kepada Bupati Radiapoh yang terus memperhatikan kami sehingga kami dapat terus berkarya. Kami juga melihat perhatian beliau tidak hanya untuk kami, tetapi juga untuk Simalungun secara keseluruhan, termasuk infrastruktur jalan yang kini sudah sangat baik," ungkap Laura.


Sementara itu, dr Sarmedi Purba SPoG, tokoh adat dan budaya, turut memberikan apresiasinya atas kehadiran Bupati Simalungun yang secara langsung melepas rombongan menuju festival.


"Ini bukan pertama kalinya kami mengikuti festival Nusantara di berbagai kota di Indonesia. Kami berharap suatu saat nanti, Simalungun bisa menjadi tuan rumah festival yang menghadirkan para raja Nusantara ini," kata dr Sarmedi.


Acara pelepasan ditutup dengan simbolis Bupati Radiapoh yang mamboras tengeri  kepada para penari Sanggar Sihoda, menandai siapnya rombongan untuk bertolak menuju festival Nusantara. 

Komentar

Tampilkan

Terkini

Entertainment

+

Opini

+