-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Binjai Nama Pohon Yang Menginspirasi Penamaan Kota

Redaksi
Selasa, 04 Juni 2024, Juni 04, 2024 WIB Last Updated 2024-06-04T04:24:32Z

 

Buah Binjai (Foto:Istimewa)

PEMATANG SIANTAR, SELEKTIFNEWS.COM - Penamaan beberapa Wilayah tidak terlepas dari Kondisi alam dan dimana ia Berasal. Pada Masa lalu penamaan tempat diberikan sesuai dengan nama Hewan dan Tumbuhan yang melekat dan kejadian yang mengikutinya. 


Beberapa Wilayah Di Sumatera pastinya tak Asing dengan Kota Binjai yang dulunya merupakan bahagian dari  kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara dengan Icon Kota Rambutan, di Kota Medan yang merupakan ibukota Provinsi  Sumatera Utara sendiri ada Kelurahan  Binjai yang berada di Kecamatan Medan Denai. 



Sama halnya Di kepulauan Riau ada Desa Binjai Merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau  dan Desa Pulau Binjai yang merupakan Desa yang berada di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. 


Binjai sendiri merupakan sejenis pohon di dataran rendah di bawah 400 m, jarang hingga 800 m dpl  dan sering kali didapati dekat tepi sungai yang merupakann berasal dari India. Pohon Binjai menyebar secara alami di Sumatra, Jawa,Kalimantan Bali dan Semenanjung Malaya; sebagian pakar meyakini Kalimantan adalah lokasi asal-usulnya. 



Sekilas Buah Binjai Bentuknya mirip kedondong ataupun mangga muda. Dagingnya berwarna putih dengan tekstur lembut. Aroma dan rasanya hampir mirip dengan tape.Menurut beberapa sumber, buah binjai atau wani mengandung beta karoten yang lumayan tinggi. Begitu juga vitamin C dan kandungan mineral yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mata dan kecantikan kulit. Selain Itu Daun Buah Binjai Dapat diolah untuk menurunkan kadar gula Darah bagi penderita penyakit Diabetes melitus.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Entertainment

+

Opini

+