-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Santri Ponpes Almatera Ikuti Cultural and Students Exchange ke Malaysia dan Thailand

Redaksi
Minggu, 12 Februari 2023, Februari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-02-11T20:31:41Z

 


TEMANGGUNG, SELEKTIFNEWS.COM - Sejumlah santri Pondok Pesantren Al – Mu’min Muhammadiyah Tembarak (ALMATERA) Temanggung Jawa Tengah, siap diberangkatkan untuk melaksanakan STUDENT and CULTURAL EXCHANGE 2023 (SCE) ke Malaysia dan Thailand. Pelepasan dilaksanakan  hari ini dan kegiatan SCE akan berlangsung hingga 18 Februari 2023. 


Peserta SCE dari Ponpes Almatera Temanggung berjumlah 41 santri, terdiri dari 17 santri putra dan 24 santri putri dengan pembimbing sebanyak 6 guru.




Direktur Kampus 1 Almatera Makmun Pitoyo mengatakan, SCE merupakan program yang diperuntukkan bagi siswa usia sekolah menengah atau perguruan tinggi untuk memperoleh pengalaman belajar serta bepergian ke luar negeri.


"Mereka dipersilakan untuk tinggal di negara baru sebagai bagian dari program pertukaran pelajar", terang Makmun Pitoyo. 


Kegiatan SCE sebagai bentuk tindak lanjut dari MOU dengan Malaysia yang pernah dilaksanakan pada periode tahun 2020. Secara garis besar MOU berisi tentang adanya pertukaran pelajar, pertukaran guru, International Virtual Elearning serta pembelajaran bersama.




Pada tahun ini, kegiatan SCE akan dilaksanakan di 3 sekolah, yaitu Madrasah At – Tanwiriyah (Muar, Johor, Malaysia), Sangkhom Islam Witayya School (Sadao, Songkhla, Thailand) dan SMK Sungai Abong (Muar, Johor, Malaysia) Non-Formal Meeting.


Seluruh santri akan bertempat tinggal di rumah orang tua asuh di Muar, Johor, Malaysia selama program SCR berlangsung. Tinggal bersama orang tua asuh tersebut dimaksud agar santri dapat berinteraksi langsung dengan kebiasaan – kebiasaan masyarakat di Malaysia dan Thailand dimana mereka tinggal dan mengenal lingkungan budaya setempat.


Tidak hanya santri saja yang mendapatkan ilmu dan pengalaman baru dari SCE tetapi tuan rumah (Malaysia dan Thailand) juga akan mendapatkan ilmu dari santri ALMATERA. Sebab, para santri akan menampilkan kemampuan mereka selama tinggal bersama, diantaranya seni bela diri yaitu Seni Tapak Suci, berbagai tarian tradisional Indonesia, dan hisbulwathan.


Lebih spesifik lagi pata santri Almatera akan akan menampilkan Tari Saman yang menjadi ciri khas tari adat di Indonesia dan Tari Wonderful Indonesia yang telah dimodifikasi oleh santri ALMATERA.


Berkat kerjasama antar negara tersebut, Akmal Mahamida santri kelas XI dan Naela Putri Amalia santri kelas XII MA ALMATERA mendapatkan beasiswa SCE 2023 ini. Kriteri santri yang mendapatkan beasiswa SCE diantaranya adalah lolos seleksi akademik dan non akademik, memiliki kemampuan berbahasa asing serta memiliki akhlak yang baik. (Umi/Budhy HP)

Komentar

Tampilkan

Terkini