-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Pemerintah Desa Ujung Barang Berperan Aktif Percepatan Penurunan Stunting

Redaksi
Selasa, 14 Februari 2023, Februari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-02-13T20:10:47Z


CILACAP, SELEKTIFNEWS.COM -- Kepala desa Ujung Barang Tarkono kepada wartawan menyampaikan bahwasannya dalam rangka percepatan penurunan cegah stunting Pemerintah Desa Ujungbarang akan lebih berperan aktif dengan memastikan kesehatan ibu hamil. Dengan Pemeriksaan ibu hamil ini diharapkan juga menjadi bagian dari program penanganan stunting yang tengah digalakan pemerintah kabupaten Cilacap. Senin (13/02/2023).


Tarkono menambahkan, penanganan stunting di Cilacap sudah  termasuk bagus dengan menerjunkan tim untuk memantau program ini sampai ke tingkat desa, dimana tujuannya agar ada progres ke arah perbaikan, ungkapnya.


“Kita lihat ini sudah mulai menampakan hasil. Jangan sampai nanti jumlah anak stunting nambah lagi,” katanya Tarkono.


"Penanganan stunting ini memang harus melibatkan semua pihak, mulai dari bidan desa, dokter dan ahli gizi dari tiap puskesmas juga adanya keterlibatan masyarakat desa melalui kader, perangkat sampai dengan camat," jelasnya.




"Kolaborasi ini sebagai bentuk sinergitas bersama agar target penanganan stunting bisa tercapai," pungkasnya.


Pada kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Majenang 1, Sri Wahyuni, S.K.M, mengungkapkan cara paling mendasar dan tepat untuk cegah kasus stunting adalah dengan pola asuh yang tepat. Dengan metode ini, tumbuh kembang anak akan sesuai dengan usia dan mendukung perkembangan motorik dan intelegensi.


"Kasus stunting kerap berawal dari pola asuh yang kurang tepat. Salah satunya dengan membiarkan anak terlalu lama bermain gadget. Hingga anak jarang bergerak," Ungkap Sri.


"Saya sangat berterima kasih atas kerjasamanya dan dukungan dari para kepala desa Sekecamatan Majenang dalam rangka Penanganan Percepatan Penanganan Stunting di wilayah kecamatan Majenang, tak lupa kami mengucakan banyak terima kasih kepada kepala desa Ujung Barang yang terus membantu kegiatan penanganan penurunan stunting ini," ucap Sri mengakhiri.


(Asep Saepudin)

Komentar

Tampilkan

Terkini