-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Makanan Khas Ndas Borok jadi unggulan Gelar Karya P5 SD Negeri Caturanom

Redaksi
Sabtu, 18 Februari 2023, Februari 18, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T07:17:27Z


TEMANGGUNG, SELEKTIFNEWS.COM - Sebagai manifestasi Kurikulum Merdeka yang diluncurkan Kemendikbudristek Republik Indonesia, SD Negeri Caturanom Parakan Temanggung menggelar kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kamis 16 Februari 2023


Kepala Sekolah SD Negeri Caturanom Wiwin Sunarti mengatakan, ada tujuh tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang harus diselesaikan selama pembelajaran, yaitu kearifan lokal, gaya hidup berkelanjutan, bineka tunggal ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, wirausaha, dan berekayasa dan berteknologi untuk NKRI.




"Saat ini memilih tema Bhineka Tunggal Ika dan penampilan stand stand untuk menggelar karya siswa, dimeriahkan dengan penampilan kreasi siswa berupa tari klasik, kuda lumping khas nya Temanggung, Seni Warokan dan juga aneka makanan tradisional diantaranya Ndas Borok", jelas Wiwin Sunarti


Gelar karya P5 juga didukung para wali siswa sehingga terselenggara dengan 6 stand pameran hasil karya siswa utama nya makanan tradisional.




Hadir dalam gelar karya tersebut Ketua Koordinator Dinas Pendidikan, Pengawasan Pendidikan SD, Komite Sekolah, kepala desa, orang tua siswa serta seluruh siswa yang telah dibagi dalam tugas tugas kepanitiaan bersama para guru. 

Pengawas Pendidikan Sekolah Dasar Sugito menyampaikan, Gelar Karya P5 merupakan manifestasi pembelajaran dengan kurikulum Merdeka. Hasil karya tersebut dipajang di stand stand untuk dipublikasikan kepada masyarakat sesui tema yang diambil.

Peserta gelar karya P5 yang pertama ini adalah seluruh siswa SD Negeri Caturanom dengan jumlah penampilan 6 stand berisi aneka kerajinan dari pemanfaatan limbah sampah dan makanan tradisional. 

Banyak karya kuliner berupa makanan dan minuman juga dipajang oleh Kelas 1sampi kelas 6 masing-masing  berisi karya kreasi siswa. Tak berapa lama hasil karya siswa tersebut ludes dibeli oleh pengunjung dan para orang tua siswa. 

"Hasil karya olahan dari ketela dengan toping gula aren, atau dikenal dengan nama Ndas Borok, menjadi unggulan karena sekaligus melestarikan makanan khas Parakan Temanggung. Inipun laris terbelu oleh pengunjung ketika dipamerkan sekaligus dijual untuk mendapatkan nilai ekonomi", tandas Wiwin.  

Sedangkan siswa lainnya tampil dalam hiburan panggung berupa Tari Pelajar Pancasila, Tari P5 kreasi siswa dengan iringan lagu Profil Pelajar Pancasila dan Jarang Jepang serta Warokan sebagai penutup acara Gelar karya P5

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Bhineka Tunggal Ika SD Caturanom Temanggung dikhususkan untuk pemberdayaan bahan baku hasil produksi pertanian agar memiliki nilai ekonomi lebih tinggi. 

Seperti diketahui bersama bahwa tujuan kegiatan P5 adalah melaksanakan program dari pemerintah dengan Kurikulum Merdeka, juga menggali informasi, menumbuhkan kreativitas, menggali potensi-potensi peserta didik guna membuktikan secara bebas, merdeka serta mengaktualisasikan dan juga mengimplementasikan sampai mewujudkan hasil sebuah karya sesuai dengan penerapan P5. (Budhy HP)

Komentar

Tampilkan

Terkini