-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Tradisi Barongsai Datangi Rumah Warga Gang Seika

Redaksi
Minggu, 29 Januari 2023, Januari 29, 2023 WIB Last Updated 2023-01-28T17:11:22Z


PEMATANG SIANTAR, SELEKTIFNEWS.COM -- Dua barongsai berwarna merah dan putih kunjungi satu persatu rumah masyarakat Tionghoa di Gang Seika, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematang Siantar, Pada Sabtu (28/1/2023).


Berdasarkan pengamatan di lokasi, pada sabtu malam ini masyarakat dari berbagai usia berkumpul untuk menyaksikan atraksi barongsai. Ada yang duduk di tangga, juga di atas pagar rumah sambil berdiri. Suasana di lokasi ramai. senyum dan tawa terpancar dari wajah mereka.




Alunan alat musik pengiring atraksi barongsai secara khas terdengar dengan jelas. Sementara itu, setiap kostum barongsai di isi oleh dua orang laki-laki. Saat alat musik dimainkan, kedua barongsai tersebut langsung melakukan atraksi.


Beberapa orang penonton mempersiapkan angpau yang berisi uang. Angpau diberikan oleh penduduk setempat pada barongsai dengan mengulurkan tangan kanannya, kemudian barongsai tersebut menghampiri dan mengambil angpau melalui mulutnya.




Beragam cara dilakukan saat memberikan angpau, ada yang mengikatnya di teras rumah, di pintu masuk rumah bahkan mengaitkannya, layaknya seperti orang sedang memancing.


Kata Riko, masyarakat yang datang menyaksikan atraksi barongsai. Dia sengaja datang untuk menyaksikan pertunjukan barongsai yang hanya dapat dilihat setahun sekali.


“Aku kesini sengaja buat nonton ini bang, karena engga setiap momen ada. Ini keren, lincah kali orang itu,” Ujarnya.


Warga bernama Acek juga kami mintai keterangan. Dia mengatakan, Pertunjukan barongsai ini berguna untuk mengajarkan tradisi dan budaya pada anak-anak generasi berikutnya.


“Biar anak-anak sekarang tak lupa tradisi dan budayanya,” terangnya.


Terakhir, Acek berharap pertunjukan barongsai ini terus dilestarikan di Indonesia.


“Mudah-mudahan Barongsai ini bisa terus lestari dan dapat dikenal sampai generasi selanjutnya." Tutupnya. (R1.H)

Komentar

Tampilkan

Terkini