-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Istilah Atau Bahasa Yang Sering Digunakan Dalam Seni Beladiri Karate

Redaksi
Selasa, 24 Januari 2023, Januari 24, 2023 WIB Last Updated 2023-01-24T13:49:26Z


PEMALANG,SELEKTIFNEWS.COM --  Karate merupakan olah raga seni beladiri yang berasal dari negara Jepang, tentunya berbagai sebutan , seperti pelatih , jurus , tingkatan ,aba - aba serta yang lainnya banyak menggunakan bahasa negara matahari terbit Jepang.


Pada kesempatan berbincang - bincang dengan salah satu atlet Karate sekaligus sebagai sensei ( pelatih ) yaitu Antonius dede Prasetya atau biasa akrab di panggil sensei dede, menuturkan ada berbagai sebutan ( bahasa  ) dalam olah raga Karate , dede menuturkan di sela melatih siswa didiknya , di halaman kantor Samsat pemalang, pada senin ( 23/1/2023 ) sore.




Olahraga beladiri karate di lakukan dengan tangan kosong, sesuai dengan namanya *kara* yang berarti kosong dan *te* yang berarti tangan.


Berikut beberapa istilah dalam karate.

*1 salam osh* dalam karate salam osh wajib di ucapkan, osh berasal dari kata oshinabu yang artinya pantang menyerah, ketika mengucapkan osh sambil membungkukan badan.

*2 Dojo* istilah dalam karate dojo menunjukan tempat latihan, dojo berarti tempat latihan.

*3 Kohai* mungkin akan bingung ketika baru latihan mendengar kata kohai ketika baru berlatih karate ,kohai artinya adik seperguruan di dojo , dengan tingkatan paling rendah.

*4 senpai* istilah ini sudah cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia, senpai artinya kakak seperguruan di dojo dengan tingkatan lebih tinggi.

*5 sensei* dalam bahasa Jepang berarti guru untuk karate  , sensei merujuk kepada semua karateka , dengan tingkatan Dan IV sampai Dan VIII , sensei juga bisa berarti karateka yang sudah terdaftar sebagai anggota dewan guru karate.

*6 sihan* artinya guru besar , merujuk pada Karateka dengan tingkatan Dan IX serta Dan X.

*7 daichi* istilah yang mengarah pada jurus - jurus di karate ,ada tingkatan jurus dalam karate, seperti musubi daichi, hachiji daichi,kiba daichi, dan  zenkutsu daichi, musubi adalah jurus paling dasar yang umum di pakai ketika membungkuk , hachiji daichi adalah gerakan kaki kaki setinggi bahu , dengan kedua kaki mengarah ke depan, Kiba artinya kuda - kuda atau ancang-ancang, sedangkan yang terakhir zenkutsu berarti istilah untuk menggambarkan , jurus umum dalam karate, untuk melakukannya karateka harus berdiri tegap, dengan kaki belakang di luruskan dan lutut belakang sedikit di tekuk.

*9 Yeamea* jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya selesai atau bisa juga istrahat.

*10 kyu dan DAN* artinya merujuk pada tingkatan sabuk dalam karate , untuk kyu tingkatanya dilambangkan dengan warna sabuk.

Sabuk putih berarti kyu X , kuning kyu X - VIII , oranye kyu VII , hijau kyu VI, biru kyu  V - IV , dan sabuk warna coklat berarti kyu III- I.


Setelah kyu 1 maka kelanjutannya adalah sabuk hitam, untuk tingkatan sabuk hitam sendiri ada DAN I - X , ini menunjukan tingkat senioritas di Karate..


Menurut Antonius dede Prasetya atau yang akrab di panggil sensei ( guru ) pada Gojukai cabang, dirinya sudah menyandang sabuk hitam Dan IV, tentunya sudah banyak prestasi yang di raih oleh sensei dede seorang Karateka dari pemalang, Jawatengah.


Ragil74.

Komentar

Tampilkan

Terkini