-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Pemerintah Nias Barat dan Inspektorat Provinsi Sumut Gelar Pembinaan Umum dan Teknis

Redaksi
Minggu, 02 Oktober 2022, Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T07:24:00Z



NIAS BARAT, SELEKTIFNEWS.COM - Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyambut tim inspektorat dari provinsi sumatera utara atas pelaksanaan pembinaan umum dan teknis pada pemerintah daerah kabupaten Nias Barat, 01/10 bertempat di gedung soguna bazato milik pemkab Nias Barat.


Adapun tim dari inspektorat yang datang ke kabupaten Nias Barat yakni, Lasro Marbun selaku inspektur, beserta rombongannya.


Bupati Nias Barat dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan azas-azas pemerintahan yang baik sebagaimana di amanatkan dalam undang-undang nomor 28 tahun 1999 tentang penyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan Nepotisme, serta perwujutan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih adalah merupakan tanggungjawab pemerintah daerah.


Menurut Bupati Nias Barat, laporan keuangan pemerintah daerah (Lkpd), tentunya reformasi biro krasi, zona integritas, MCP, pelayanan publik, sakip, merit sistem, kapabilitas Apip, spip dan spi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, ujar khenoki.



Bupati Nias Barat sangat berharap kepada inspektur provinsi sumatera Utara untuk memberikan pemahaman yang jelas serta pembinaan yang lebih maksimal terhadap pemerintah kabupaten Nias Barat yang dia pimpin, baik itu dari sekretariat daerah, pimpinan OPD,Camat,Kepala Desa,Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas yang ada di wilayah pemerintah kabupaten Nias Barat, harapnya khenoki waruwu.



Dengan harapan yang besar, Bupati Nias Barat juga menghimbau kepada semua peserta rapat, pada kegiatan ini marilah kita mengikutin dengan sesungguhnya, karena kegiatan ini mampu menambah wawasan kita dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih untuk memajukan serta mensejahterakan masyarakat kita di Nias Barat, Pinta khenoki waruwu.


Masih dalam sambutannya, Bupati Nias Barat menyampaikan, pada kesempatan ini saya informasikan kepada inspektur Provinsi Sumatera Utara selaku pembina sekaligus sebagai nara sumber (Nasu), saya telah mengingatkan kepada semua bawahan, mulai dari Sekretariat Daerah, Pimpinan OPD, Kepala Sekolah, Kepala Puskesmas dan sampai ke jabatan Kepala Desa. bagi yang tidak dapat menyesuaikan dan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih. maka saya sebagai Bupati Nias Barat tidak akan segan-segan melakukan evaluasi sebagai bentuk pembinaan, terangnya Khenoki.


Setelah Bupati Nias Barat mengakhiri sambutannya, dirinya juga tidak lupa menitip pesan serta berharap, agar dari hasil pembinaan ini nantinya agar semua pihak bisa menjadikan hal itu bentuk yang lebih semangat lagi dalam bekerja, kerja baik dan benar dengan orientasi pada pelayanan prima dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih untuk mewujudkan pemerintah Nias Barat yang simbolnya soguna bazato (untuk keperluan umum).


Inspektur provinsi sumatera utara menyampaikan setiap Daerah harus memiliki program yang prioritas untuk memajukan daerahnya, contoh seperti penguatan insfraksturtur dasar, pengembangan perekonomian yang berbasis potensi wilayah, peningkatan kualitas sumber daya manusia serta penyelenggaraan pemerintah dan peningkatan kualitas pelayanan publik, dan di sampaikan pula bahwa semua kantor pemerintah harus bersertifikat juga, baik BumDes wajib di sahkan berbadan hukum oleh Kemenkum ham, ucap Lasro Marbun.


Dalam kegiatan tersebut, pihak inspektorat provinsi sumatera utara di dampingi oleh Drs.Yosafati Waruwu selaku inspekt Negara yang bersih ur di pemerintah kabupaten Nias Barat, Pj.sekda Sozisokhi Hia,SH.,MM dan staf ahli, para asisten serta kepala organisasi perangkat daerah, camat, para kepala puskesmas juga ikut hadir dan para kepala desa serta undangan lainnya. 

(Tim/Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini