-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Jalan Poros Desa Rusak, Kades Zakaria : "Siap Perbaiki jika Regulasinya Memperbolehkan"

Redaksi
Minggu, 23 Oktober 2022, Oktober 23, 2022 WIB Last Updated 2022-10-22T18:44:25Z


LAMPUNG SELATAN, SELEKTIFNEWS.COM –  Akses jalan keluar masuk masyarakat Desa Sidoluhur Kecamatan Ketapang yang rusak parah sepanjang 600 meter sangat membutuhkan perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan, untuk melakukan perbaikan infrastruktur khususnya jalan poros desa. Pasalnya kondisi jalan poros tersebut satu-satunya jalan menuju pusat pemerintahan kecamatan maupun menghubungkan Desa Sidoluhur dengan Desa Hatta dan Bakauheni Kecamatan Bakauheni tidak begitu baik dan mengkhawatirkan.


Kondisi jalan yang pernah di cor beton tersebut, sudah rusak dan berlubang besar serta bergelombang. Dengan kondisi jalan yang menanjak atau turunan tajam dengan sisi kiri bukit yang sewaktu-waktu longsor dan sisi kanan kalau kita masuk desa, dengan kondisi jurang yang dalam. Tentu ini sangat membahayakan masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


"Untuk tahun depan atau tahun 2023 di rancangan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes), kita akan cor beton jalan poros desa, yang mana jalan tersebut kewenangan Pemkab Lamsel. Karena selama ini, tidak diperhatikan oleh dinas terkait. Untuk itu, kita akan bangun, jika regulasinya memperbolehkan, " kata Kades (Jaro) Zakaria kepada para awak media usai acara Musrenbangdes di aula balai desa setempat, Jum'at (21/10/2022) sore.


Masih dikatakan Kades Zakaria, menjadi skala prioritas Pemdes Sidoluhur di tahun 2023 dengan alasan, karena jalan tersebut sangat membahayakan warga. Mengantisipasi masyarakat alami kecelakaan. Namun tetap kita koordinasi dengan pendamping desa, kecamatan dan Dinas PMD Lampung Selatan.


" Kita harapkan Pemkab Lamsel melalui Dinas PU-PR agar peka dan respon cepat atas keluhan dan laporan masyarakat Desa Sidoluhur yang menginginkan jalan poros Desa Sidoluhur segera diperbaiki, agar mobilitas warga lancar dan tidak mengalami musibah kecelakaan akibat jalan yang rusak berat," sambungnya.


Namun, jika pada pelaksanaannya nanti regulasinya tidak memperbolehkan menggunakan anggaran dana desa untuk memperbaikinya, maka anggaran yang sudah dianggarkan tersebut, akan dialihkan ke jalan lingkungan yang belum tersentuh pembangunan.


"Sekali lagi, kita mengharapkan Pemkab Lamsel, jangan menganak tirikan Desa Sidoluhur. Pengajuan kita sudah lama kita ajukan, namun sampai saat ini, belum ada tanda-tanda perbaikan. Apakah harus nunggu jatuh korban dahulu, baru diperbaiki," ujarnya sedikit kesal.


Atas nama Pemdes Sidoluhur dan warga, saya berharap jalan poros desa yang menjadi satu-satunya akses masyarakat keluar masuk desa, agar segera diperbaiki. Apalagi sudah saya masukkan ke usulan giat musrenbang desa dan kecamatan agar aktivitas lebih lancar serta roda perekonomian lebih baik lagi," pintanya. (Herizal)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Entertainment

+

Opini

+