-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Sukoharjo Papanku Makmur

Redaksi
Kamis, 22 September 2022, September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-21T20:14:16Z


SUKOHARJO, SELEKTIFNEWS.COM - Hampir satu tahun, tidak pulang ke Tanah kelahiran Sukoharjo, rasanya gejolak hati untuk mengenang kembali, kecamatan Baki menari - nari di dalam jiwa sanubari.


Betapa kenangan akan hamparay sawah luas membentang dan lahan Tembakau yang sempat terkenal pada masa era tahun 1970 an, tak pernah lekang dalam kenangan.


Tongseng Gawok yang selalu Pa,e ( Ayah )  mengajak kami, tatkala hati pasaran Pon tiba, adalah kuliner wajib, yang harus kami nikmati, begitu juga " sego liwet " buatan Dinasty kami (, wongso Dimijo ) yang turun ,- temurun menjadi lahan nafkah, dikeluarga kami, Bu Lik Wongso masijt setia menjajakan dagangannya di Pasar kedawung Solo.


Sebagian anak - anak Bu Lik Wongso, membuka cabang Sego liwet nya di Bunderan Solo Baru.


Bicara Grogol, mungkin banyak orang yg mengetahuinya sebagai wilayah di daerah Jakarta, yg sering terekspos publik, karena karena berbagai faktor didalamnya.


Namun, selain di Jakarta, faktanya ada daerah bernama Grogol di Kabupaten Sukoharjo, yg juga merupakan daerah yg sering terekspos publik. Namun, untuk Grogol di Sukoharjo ini, justru namanya tidak banyak dikenal orang luar daerah. Mengapa demikian ?


Grogol merupakan sebuah Kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, yg berbatasan langsung dg Kota Surakarta.


Luas wilayahnya sebesar 30 km² dan menurut proyeksi BPS, pada tahun 2021 Grogol dihuni sebanyak 127.565 jiwa, sekaligus menjadi Kecamatan dg penduduk terbanyak di Sukoharjo. 


Wilayah Grogol yg berbatasan langsung dg Kota Surakarta, menjadikan Grogol mengalami kepesatan pembangunan di berbagai sektor. Salah satunya adalah terbentuknya Kota Mandiri Solo Baru.


Seiring berjalannya waktu, bahkan Solo Baru lebih dikenal publik daripada Grogol itu sendiri. Hal inilah yg yg menjadi salah satu sebab banyak orang luar daerah yg tidak tau nama Grogol Kabupaten Sukoharjo.


ragil74 ( poto JJ & DIY)

Komentar

Tampilkan

Terkini