-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

DPD PKB Pujakesuma Kota Pematang Siantar Gelar Perlombaan Mars Pujakesuma Dan Tembang Jawa

Redaksi
Minggu, 25 September 2022, September 25, 2022 WIB Last Updated 2022-09-25T08:51:47Z

 


PEMATANG SIANTAR, SELEKTIFNEWS.COM - Dewan Pimpinan Daerah Paguyuban Keluarga Besar  Putera Jawa Kelahiran Sumatera (DPD PKB Pujakesuma) Kota Pematang Siantar menggelar perlombaan Menyanyikan Mars Pujakesuma Dan Tembang Jawa Yang diikuti oleh perwakilan 4 kecamatan di Balai bolon, Lapangan H. Adam Malik, Kota Pematang Siantar, Minggu (25/09/2022) mulai pukul 10.WIB s/d selesai.


Acara dimulai dengan penyambutan kedatangan walikota pematang siantar oleh Gatot kaca di teruskan dengan mengumandangkan lagu indonesia raya dan mars pujakesuma serta tarian tarian jawa lainnya yang dibawakan oleh para pelajar sekolah.




Ketua DPD PKB Pujakesuma Kota Pematang Siantar Kusdianto, SH dalam kata sambutannya menjelaskan Pujakesuma sengaja didirikan untuk melestarikan adat dan budaya jawa. Sebagai generasi ketiga,  Kusdianto mengapresiasi Walikota Pematangsiantar yang telah mempercayakan 2 orang dari suku jawa menjadi kepala dinas, hal ini menandakan bahwasannya walikota pematang siantar telah memberikan perhatian yang luar biasa terhadap keberadaan suku jawa di Kota Pematang Siantar.


"Pujakesuma adalah organisasi yang telah mumpuni yang didirikan sejak tahun 1980. Sebagai generasi ketiga, Saya memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan adat dan budaya disini, kalau tidak ada Pujakesuma mungkin saya tidak akan memakai blankon hari ini" jelasnya.


"Terima kasih juga kepada bu wali, Baru di era bu wali inilah ada 2 orang dari suku jawa yang menjadi kepala dinas, itu artinya bu wali telah memberikan perhatian yang luar biasa atas keberadaan suku jawa di kota ini" ujar kusdianto menambahkan.


Lebih lanjut Kusdianto menjelaskan, terkait kegiatan perlombaan mars pujakesuma dan tembang jawa ini diadakan hanya untuk sekedar bagaimana agar budaya jawa itu tidak hilang, dimana saat ini kita berkolaborasi dan telah bekerjasama dengan suku lain untuk membangun dan menjaga kekondusifan Kota ini yang terkenal sebagai Kota toleransi, tandasnya


"Target kami ingin agar di setiap kecamatan dan kelurahan kebudayaan jawa dapat selalu di lestarikan dan perlombaan lagu jawa serta persembahan tarian , reog, jaran kepang hari ini merupakan aplikasi dari salah satu anggaran dasar Pujakesuma yaitu melestarikan budaya jawa dan menunjukkan identitas orang jawa" tegasnya.


Terakhir Kusdianto menyampaikan pesan khususnya buat warga jawa yang ada di Kota Pematang Siantar,


"Saya sebagai Ketua Pujakesuma berharap hendaknya kita semua suku jawa yang ada di Kota Pematang Siantar agar tetap bisa memegang teguh adat dan budaya jawa serta menunjukkan identitas kita sebagai orang jawa dengan tetap saling menghargai antar suku karena kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman" tutupnya.


Tampak hadir dalam acara tersebut Walikota Pematang Siantar dr.Hj.Susanti Dewayani, SpA , Ketua Dekranasda Siantar Erizal Ginting, Kajari Siantar Jurist Precisely, SH, MH, Kadis DLH Dedy Tunasto Setiawan, Anggota Pujakesuma dari seluruh kecamatan serta masyarakat umum. (Tim/Red)

Komentar

Tampilkan

Terkini

Entertainment

+

Opini

+