-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Bendar Desa Nelayan Terkaya Di Indonesia

Redaksi
Rabu, 28 September 2022, September 28, 2022 WIB Last Updated 2022-09-28T12:24:12Z



PATI - JAWA TENGAH, SELEKTIFNEWS.COM - Terletak di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Terdapat desa yang menjadi salah satu kampung nelayan terkaya di Indonesia. Yaitu Desa Bendar namanya.

 

Jika biasanya kampung nelayan identik dengan kawasan kumuh dengan gubuk reyot, beda halnya dengan kampung nelayan di Desa Bendar.




Di desa tersebut, rumah-rumah warganya sangat megah sekali seperti istana dengan pilar-pilar tinggi berlantaikan marmer dengan atap beton. Bahkan ada, sebagian rumah dilengkapi dengan kolam renangnya.


Desa Bendar tidak tercium bau selokan sedikitpun, tapi hanya bau amis laut yang samar-samar. Sebaliknya, kampung tersebut justru berudara yang sangat segar yang keluar dari tanaman rimbun di depan rumah gedongan dengan mobil-mobil yang keluaran terbaru.




Bertepatan dengan Hari Nelayan

Nasional, situs MerahPutih menyebut Bendar merupakan (salah satu) kampung nelayan terkaya di Indonesia.


Di Bendar, hampir 95 persen dari

penduduknya bekerja sebagai nelayan. Sedikitnya ada 500 kapal penagkap ikan baik besar maupun kecil yang dimiliki nelayan Bendar.


Penghasilannya bisa mencapai Rp 25 juta sampai dengan Rp 100 juta setiap kali melaut. Banyak sekali rumah mewah berlantai dua saat memasuki desa tersebut.


Keberhasilan penduduk Desa Bendar

tidak lepas dari usaha pengerukan

Sungai Juwana sekitar tahun 1980an.


Salah satu produk unggulan dari Juwana adalah Bandeng presto, yang menjadi komoditi ekspor Nasional, juga pemasarannya, menjangkau kota - kota besar di Indonesia.


Rqgil74 ( sunber Jendela Jateng dan DIY).

Komentar

Tampilkan

Terkini