-->

Iklan


 

Menu Bawah

Iklan

Halaman

Bedug Pendowo Purworejo, Bedug Raksasa yang Berada Di Masjid Agung Darul Muttaqin

Redaksi
Senin, 26 September 2022, September 26, 2022 WIB Last Updated 2022-09-26T09:19:29Z



PURWOREJO, SELEKTIFNEWS.COM - Bagi yang pernah mengunjungi Masjid Agung Darul Muttaqin, di dekat Alun-alun Purworejo, biasanya akan melihat sebuah bedug besar, yg disampingnya tertulis 'terbesar di dunia'.


Bedug Pendowo namanya. Bedug raksasa ini dibuat pada tahun 1834 Masehi, di Dusun Pendowo, Desa Pragolan, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, atau sekitar 11 kilometer dari Masjid Agung Darul Muttaqin.




Bedug ini dibuat dari Bonggol Pohon Jati tua yg bercabang 5, sehingga dinamakan sebagai Pendowo. Kulitnya sendiri, diambil dari kulit banteng. Seiring berjalannya waktu, kulit bagian belakangnya pun rusak, sehingga diganti namun dg kulit sapi.


Panjang rata-rata bedug ini mencapai 292 cm, dg diameter bagian depan 194 cm, dan diameter bagian belakang 180 cm, sehingga diklaim sebagai yg terbesar di dunia kala itu.




Namun, akhir-akhir ini ada beberapa bedug yg diklaim lebih besar dari Bedug Pendowo. Misalnya saja, Bedug Masjid Jami' An-Nur di Karawang, yg memiliki tinggi sekitar 2,6 meter dan lebar 4 meter.


Ragil74 ( sumber jendela Jateng dan DIY)

Komentar

Tampilkan

Terkini