-->

Iklan

Menu Bawah

Iklan

Halaman

5 Bangunan yang Terlihat dari Antariksa, Tembok China Bukan Salah Satunya

Redaksi
Kamis, 29 September 2022, September 29, 2022 WIB Last Updated 2022-09-28T18:53:51Z



JAKARTA, SELEKTIFNEWS.COM - Pernah tidak terpikir ada bangunan di Bumi yang bisa dilihat dari luar angkasa?


Ya, memang ada sejumlah bangunan di Bumi yang kabarnya bisa dilihat langsung astronaut dari luar angkasa. Bahkan, sebagian bisa dilihat tanpa bantuan lensa apapun, atau hanya dengan mata telanjang.


Namun pertama-tama, samakan dulu definisi atmosfer Bumi berakhir dan antariksa dimulai. Yakni melalui Garis Karman, dinamai fisikawan Theodore von Karman, yang dianggap sebagai batas antar ujung Bumi dan luar angkasa. Space mencatat definisi Garis Karman berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.


Uniknya, Tembok Besar China yang sering disebut bisa dilihat dari luar angkasa saking panjangnya, tidak termasuk dalam struktur yang bisa dilihat astronaut dari luar atmosfer. Mantan Komandan ISS, Chris Hadfield mengonfirmasi hal tersebut dan mengatakan dalam tweet-nya bangunan Tembok China "terlalu sempit + mengikuti kontur & warna alami" geografi.


Struktur Bumi yang Tampak dari Luar Angkasa


Lalu apa saja yang bisa dilihat dari jarak tersebut? Berikut daftarnya, dikutip Senin (26/7/2022):

1. Bingham Canyon Mine

Lokasi tambang ini berada sekitar 32 km tenggara Salt Lake City. Tambang tersebut sangat besar sehingga bukan hanya terlihat dari Garis Karman tanpa bantuan tapi bisa juga dari pesawat ulang alik NASA yang terbang antara 305-531 km di atas permukaan laut.


2. Three Gorges Dam

Bendungan yang terbentang di Sungai Yangtze China diungkapkan NASA dapat terlihat dari luar angkasa. Tingginya mencapai 185 meter dengan panjang lebih dari 2 km, ungkap laporan France 24.

Bendungan itu merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar dunia. Three Gorges Dam disebut sebagai bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.


3. Palm Jumeirah Dubai

Hamparan pulau buatan itu diklaim NASA bisa terlihat dari Garis Karman. Bahkan astronaut Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dapat melihat dengan jelas menggunakan lensa 800 mm.

Sebagai informasi, ISS mengorbit dengan ketinggian rata-rata 400 km di atas permukaan laut.


4. Jalanan di Daerah Tandus

Hadfield mengatakan beberapa jalan raya dapat terlihat langsung dari antariksa. Khususnya yang melewati daerah tandus seperti gurun dan bergantung pada kondisi dan cahaya.


5.. Piramida Giza

Khusus untuk Piramida Giza terdapat perdebatan apakah bisa terlihat atau tidak dari luar angkasa. Astronaut asal Inggris, Tim Peake mengatakan tidak bisa tetapi struktur masif bisa terlihat dengan jelas melalui lensa 800 mm.

Sementara itu mantan astronaut NASA dan komandan ISS, Leroy Chiao mengatakan bisa melihat piramida saat berada di orbit. "Ada banyak yang bisa dilihat dari ISS, bahkan dengan mata telanjang," ucapnya.

"Misalnya pernah menemukan piramida besar dengan telefoto dan bisa memilih dua yang besar dengan mata telanjang, selama pencahayaan dan kondisi cuaca baik, sebagai dua titik kecil".


Sumber : cnbcindonesia.com

Komentar

Tampilkan

Terkini